UPLOAD

27 Oktober 2008

Belajar bikin pemancar FM PLL Veronica



Aku seh sebenarnya ga paham betul di dunia elektronika, trs sering ketemu para pakar elektronika dibidang pemancar pada saat ngebrik. Akhirnya jadi belajar deh elektronika terutama di bidang RF soalnya hobiku ngebrik di 2m band. Sekarang aku bisa menggunakan alat ukur SWR buat cek power dan matching antena. SWR yg aku punya cuma Maldol MR 1000 lumayanlah daripada pinjem trs ma temen. Masalah ukur mengukur pake multitester udah lincah, dikursus kilat ma temen breaker yg kebetulan seorang teknisi radio secara langsung maupun lewat brik-brikan. Disinilah awal aku belajar bikin pemancar fm. Gak tanggung-tanggung langsung bikin yg pll. Pusing...deh...sebagai pemula ga tau apa-apa, langsung disuruh praktek bikin pemancar fm pake pll. Skema dan layout pcbnya dikasih temen yg katanya hasil nanya ma mbah gogel. Hi...hi...hi... aku jadi ikutan rajin dolan di tempatnya mbah gogel (untung mbah gogel ga minta kemenyan ma ayam putih mulus,kembang 7 warna saat aku nanya-nanya) trs yg dicari pasti keywordnya "PEMANCAR FM" atau yg semua yg berhubungan dgn dunia pemancar. Cukup lama aku merakit pll veronica hampir 3 bulan. Gimana lagi? Harus ngumpulin duit dulu lah.......komponennya juga susah dicari. Dengan perjuangan dan semangat 45, akhirnya pemancar fm pll Veronica udah on air. Powernya cuma 1 watt, antena pake modifikasi antena 2m band husler vswrnya 1:1,1 kabel pake RG 8. Puas.....sekali...sbg pemula berhasil bikin pemancar fm buat muterin mp3 di frek 107.70 Mhz.

50 komentar:

  1. Salam kenal juga, waaahhh mantap betul, Pemancar FM saya dirumah justru beli jadi, abis bikin sendiri gak pernah berhasil.. Tambahin daftar komponen + Silkscreem donk.. tanggung copy nya neh.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. gae brick kok ora ragat.............. nyampar tv ra...??????????

    BalasHapus
  3. Pemancar FM saya buat bukan untuk ngebreak, tapi untuk kegiatan broadcasting di alokasi frekuensi komunitas yaitu : 107.70 MHz. Sebagai sarana menyampaikan informasi, education dan hiburan berupa musik. Sedangkan untuk berkomunikasi atau ngebreak saya sdh cukup puas sebagai anggota amatir radio ORARI dan RAPI. Saya pribadi memperlakukan secara ketat kegiatan on air dgn men-tune pemancar fm maupun antena jangan sampai kegiatan broadcasting ini justru membuat ketidak nyaman terhadap lingkungan dgn dampak nyeplet di frekuensi tv. Kalo nyeplet tv bisa-bisa saya diketawain ma temen-temen ORARI maupun RAPI, buat apa saya punya SWR meter dan Analyzer Antenna MFJ 259B.

    BalasHapus
  4. MAS RADIO BALAP, MAU NANYA NIH BOLEH GA? GINI MAS PLL VERONICA ITU STEPNYA KAN 100KHZ, GIMANA CARANYA YA SUPAYA BISA DIMODIF MENJADI STEP 50KHZ?? THANQ MAS RADIO BALAP

    BalasHapus
  5. Tidak ada yang dirubah mas Rizal, anda tinggal menentukan frekuensi yg diinginkan trs tune VC di bagian oscilatornya sampai PLL nge~Lock dan untuk menentukan switch frekuensi dengan rumus :

    4096 - (10 * f)

    Hasil kalkulasi tersebut dikonversikan ke binari maka akan didapat formasi switch yang diinginkan sesuai dengan frekuensi. Selamat mencoba.

    BalasHapus
  6. yup betul itu sudah saya coba dan berhasil, tetapi jangkah frekuensinya 100khz artinya dari 88,000MHz
    88,100MHZ
    88,200MHz dst
    yang saya inginkan adalah dengan step 50Khz:
    88,000MHz
    88,050MHz
    88,100MHz
    88,150MHz dst
    saya sudah coba dengan menukar frekuensi xtal yang 6,4Mhz dengan 3,2Mhz tp belum berhasil...mungkin mas raadio balap py solusinya..thanq mas atas waktunya

    BalasHapus
  7. Bang Rizal utk step 50KHz saya cuman menghitung aja trs saya terapkan di dip switchnya dan ga ada yg dirubah. Saya cek pake frekuensi counter frekuensinya udah tepat ga masalah.

    BalasHapus
  8. setahu saya posisi dip switchnya lain antara step 50khz dgn 100 khz apa sampean sudah rubah on off dip switch

    BalasHapus
  9. Saya menerapkan posisi dip switch apakah on atau off berdasarkan bilangan binari dari kalkulasi frekuensi yg saya kehendaki. Dan utk memastikan saya cek pake frekuensi counter.

    BalasHapus
  10. salut....... hbs berapa rebu om?

    BalasHapus
  11. Saya bikin PLL Veronica pertama kali tahun 2003 menghabiskan dana total Rp.230 ribu kalo sekarang kurang lebihnya Rp.300-400 ribuan.Kalau anda ingin "eksperimen" silahkan pake PLL Veronica tapi kalo anda "pengguna" silahkan pake PLL yg dilengkapi dgn display 7 segment atau dgn LCD lebih praktis. Tinggal pencet setting frekuensi ga ribet.

    BalasHapus
  12. Bagi rekan-rekan sekalian yang mungkin lagi kesulitan ngedapetin komponen dioda varactor/varicap bb204 untuk bikin pll veronica,ada nyang ngejual persamaannya tuh di alamat berikut http://elektrosolve.blogspot.com/ lihat aja di halaman paling bawah..

    BalasHapus
  13. klo susah cari varicap ambil aja di receiver parabola model lama/ analog ada tuh disitu

    BalasHapus
  14. PLL Veronica bila ingin step 50Khz pergunakan kristall 3.200 (setengahnya dari kristal 6.400 yang dipakai VERONIKA) bila kristalnya tetap 6.400 maka dari 74LS193 langsung masukan ke ic 74ls86 jangan masuk dulu ke 75ls76
    selamat mencoba

    BalasHapus
  15. Untuk perkembangan Dunia Pemancar FM dan Pemesanan Pemancar FM lengkap. Silahkan kunjungi website :

    http://radio-pemancar-fm.blogspot.com

    Thank before !!

    BalasHapus
  16. mas saya mau tanya apa sama ic 74F74 sama 74LS74
    thanks

    BalasHapus
  17. Sama aja boss. Trim's singgah diblog yg sederhana ini.

    BalasHapus
  18. klo kristal yg dipakai 6 mhz gmn ya mas cara hitung dip swichnya(rumusnya)trims

    BalasHapus
  19. saya sudah coba dengan memakai kristal 3,2MHz dan sudah berhasil dengan step 50KHz rumus dip switch berbeda dengan yang 100KHz thanq buat rekan2 yang sudah membantu...sekarang pll veronica saya sudah saya tambahkan LCD sebagai tampilan frequensinya dengan setingan UP/DN serta save untuk memory setingan terakhir agar pada saat pll diaktifkan freq berada pd setingan terakhir...rizal...rizal133@yahoo.com

    BalasHapus
  20. Mantap boss......sukses buat anda bereksperimen pll veronica dg modif display lcd. Mungkin bisa disharing utk saya?

    BalasHapus
  21. Om, mengapa exciter extra lock I saya kalau frekuensi dinaikkan ke 105 ke atas, jangkauannya berkurang banyak. Saya mau main di 107.7 , tp jangkauan berkurang banyak. Bagaimana supaya jangkauannya tetap seperti sebelum diubah ?
    Satu lagi, apakah extra lock sudah broadband ? Thanks

    BalasHapus
  22. Yang dimaksud dgn jangkauan kurang banyak itu gmn?
    Atau kurang jauh?
    PLL broadband ciri~cirinya pada section output "biasanya" tdk menggunakan trimer.
    PLL yg anda gunakan "no tune frekuensi".

    BalasHapus
  23. Iya, maksud saya jangkauan kurang jauh.

    Jadi exciter saya masih harus di trim lagi ya kalau pindah frekuensi ?

    BalasHapus
  24. Ya kalo pake exciter yg belum broadband setiap geser frekuensi dgn range cukup jauh harus di "tune" outputnya.

    BalasHapus
  25. Maaf om,punya skema antena hustler g7 untuk 2m?klo punya tolong di uplaod ya om!trims

    BalasHapus
  26. Ada boss. Tunggu aja nanti saya upload di blog.

    BalasHapus
  27. Kapan Boss !!! jangan nanti2 ntar keburu basi.
    (hik hik hik.... nggak tahu apa aku lagi butuh)
    ah ternyata Boss LUE pelit juga yah......
    eh.... jangan2 takut sepi order neh... hehehe

    Boss kalo jadi membedah antena hustler G7 jangan tanggung-tanggung kalo bisa secara keseluruhan dan detail, dan ingat jangan bikin kita-kita malah tersesat.... OK.

    BESOOOOOOK YAHHHHHHH........
    (maksa ni ye...)

    BalasHapus
  28. hooh om,tak buka tiap jam kok belum nongol-nongol juga itu skema harjo(hasler jowo)nya?

    BalasHapus
  29. @JZ13MKL >> sori boss antena hustler yg saya bikin bukan utk tujuan komersial dan saya ga takut sepi order karena saya bukan penjual antena hustler.
    Antena hustler semata ~ mata hanya buat eksperimen aja dan tdk diperjual-belikan.

    @Gotri >> skema difile kompi dah ga ada, kalo mau ntar gambar tangan yg penting jelas. Iya tho boss.......?

    BalasHapus
  30. Gambar tangan juga nggak apa2 bos LUE yang penting jelas aku juga mau bikin sendiri buat eksperimen (wong aku iki SATPAM gak sempat kalo mau jualan antena he he he), kalo jadi dan berhasil bisa mancar dan hasilnya bisa matching wah pasti sueneng sekali.

    Aku sudah pake mas di buatkan temen hanya mengganti ongkos dan bahan 300rbu pingin lihat dalemnya nggak boleh dan takut dia perasaan, jadi ya aku pingin dapet ilmunya dari bos LUE.

    Sudah coba bikin sama temen2 tapi hasil match nya lompat-lompat kalo di lihat di SWR.

    Dan hasilnya sampe sekarang masih pusing tujuh keliling.

    Cepet di UPLOAD Yah.......
    Trims.

    BalasHapus
  31. oke om,gambar tangan ga papa yang penting jelas kok om.terutama loading coil sama phasing coilnya.

    BalasHapus
  32. Aada yg tau gak ukuran buat nyablon pll veronica dalam satuan cm? matur nuhun

    BalasHapus
  33. daftar komponen ne endi lek? lali po?

    BalasHapus
  34. Daftar komponen via email aja ya boss..........!

    BalasHapus
  35. buat om Radio balap maaf saya belum sempat sharing pll veronica dengan seting Up/Dn with memory dan display LCD...dalam waktu dekat saya sharing..thanx..rizal..rizal133@yahoo.com

    BalasHapus
  36. To Rizal........ga pa2 bozz, nyante aja.
    Trim's.

    BalasHapus
  37. => saya sudah coba dengan memakai kristal 3,2MHz dan sudah berhasil dengan step 50KHz rumus dip switch berbeda dengan yang 100KHz ......dst,..untuk memory setingan terakhir agar pada saat pll diaktifkan freq berada pd setingan terakhir...rizal...rizal133@yahoo.com
    ==>> Om Rizal,Om Lue n Om Anonim..
    Mhn rumus perhitungan dip switch yang baru dg kristal 3,2 Mhz.
    Kenapa tidak lagi memakai 4096-(10*f)?
    Padahal teorinya dari Om Win,...Fn/N dibinerkan
    trus aplikasikan ke dip switch,..
    rumuse endi sing bener?

    Tangkiu,..

    BalasHapus
  38. siang mas mau koreksi aja kalau 74f74 diganti 74ls74 ndak bakal bisa jalan tuh pll, karena frekuensi dari 74ls74 kisaran 20Mhz, sedangkan 74f74 bisa sampai 150Mhz kalau mau diganti pake 74als74 atau 74hct74 bisa

    BalasHapus
  39. ari

    om lue...
    punya ga sekema pll yg pake lcd...
    klo ada bagi ya om...
    tuv_badboy@yahoo.co.id

    mksh om...

    BalasHapus
  40. makasih om lue.... :)

    ari

    BalasHapus
  41. ikutan gabung dog bozzz

    BalasHapus
  42. salam semua'y para master RF

    saya punya pll ini, but beli jadi ( bukan rakitan sendiri ) pertama nya bagus (lock) trus beberapa bulan kemudian selalu ada suara ngejuiiit, ya akhirnya saya oprek2 itu pll, wal hasil pll bukan nya bagus jadi malah tambah parah, sekarang pll gk bisa lock, bingung neh... apa harus ganti aja semua yua gan?
    salam buat semua..

    BalasHapus
  43. sugeng ndalu om, sya punya pll veronika tp koq gawe repot terus. setiap mancar koq harus d temenein, kl gak dia lompat2 terus.
    bgmna tuh om, locnya gak kenceng.hee
    tur nuwun

    BalasHapus
  44. om lue...
    saya pingin skema pll yg pake lcd...
    klo ada bagi ya om...
    terima kasih

    eethonnoor@gmail.com

    BalasHapus